Cara Memilih Nama Domain Untuk Toko Online Yang Bagus dan Benar

Cara Memilih Nama Domain Untuk Toko Online Yang Bagus dan Benar

Toko online yang terus bermunculan merupakan dampak dari era digitalitasi seperti sekarang. Kecenderungan masyarakat untuk belanja online membuat para pemilik bisnis ingin meraup keuntungan semaksimal mungkin. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik adalah menentukan nama domain. Agar tidak bingung, simak cara memilih nama domain untuk toko online dibawah ini.

Ada sebuah ungkapan, “memilih nama domain yang tepat akan membantu menurunkan biaya marketing bisnis seumur hidup”. Hal itu rasanya tidak berlebihan, karena memudahkan kita untuk melakukan branding kepada calon konsumen.

Tanpa panjang lebar, berikut beberapa cara memilih nama domain untuk toko online.

Tips Cara Memilih Nama Domain Untuk Toko Online

1. Memilih Nama yang Brandable

Poin pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mencari nama domain brandable. Maksudnya adalah nama domain Anda mengandung merek (brand) bisnis dan bersifat marketing. Seperti yang sudah dipahami, branding berperan penting dalam kesuksesan bisnis jangka panjang.

Beberapa faktor yang penting diperhitungkan antara lain:

Nama brandable tidak mengandung arti tertentu (semisal YouTube dan Google, bukan seperti itu)

Unik dan belum dipakai oleh kompetitor

Mudah diingat, pastikan tidak mengandung kombinasi huruf vokal kompleks dan terlalu bertele-tele

Mudah diucapkan dan didekte lewat telepon, contohnya Uber.com

Semisal Anda memiliki bisnis jualan sepatu, maka pilihan nama domain unik dan bagus adalah alaskakiku.com. Karena singkat dan mudah diucapkan, secara otomatis juga mudah diingat oleh konsumen.

Contoh lain, Anda berjualan gamis syar’i. Contoh nama domain toko online yang bisa dipilih seperti pilihangamisku.com, gamistrendi.com, atau gamisbagus.com.

Baca Juga  5 Filter Instagram Yang Bagus Untuk Selfie di Android 2021

2. Membuat Nama Domain yang Simpel

Selain memikirkan nama brandable, Anda juga harus memastikan bahwa domain yang dipilih simpel. Setidaknya ada empat hal utama yang patut dipertimbangkan:

Singkat : Nama domain kurang dari 15 karakter

Simple : Tidak mengandung garis bawah, tanda hubung, dan tanda baca yang lain

Terdiri dari kata-kata : Hindari penggunaan angka

Bisa ditebak : Tidak memiliki ejaan yang aneh. Contohnya adalah achmad.com, lebih baik menggantinya dengan ahmad.com

3. Lebih Baik Menggunakan Ekstensi .com

Kepopuleran ekstensi .com ditengah-tengah masyarakat membuatnya menjadi pilihan paling tepat untuk berbagai macam website, begitupun toko online. Hampir semua orang sudah familiar dengan domain .com dibandingkan ekstensi yang lain.

Percuma apabila Anda berhasil mendapatkan nama domain brandable dan bagus, namun justru salah memilih ekstensi domain. Toko online yang menggunakan domain .com terdengar bisa dipercaya dan profesional dibenak calon konsumen.

Selain itu, ini juga bermanfaat untuk mempermudah pelanggan mengingat nama website jualan Anda. Proses pendaftaran domain .com sangat mudah dan praktis, karena tidak membutuhkan NPWP, SIUP ataupun Kartu Identitas.

Ekstensi domain lain yang juga cocok dipakai untuk website toko online adalah .co.id. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menghadirkan ekstensi .co.id sebagai domain brand atau identitas perusahaan yang sudah memiliki legalitas hukum.

Sehingga, website toko online yang menggunakan ekstensi .co.id terkesan sangat profesional dan bisa dipercaya. Untuk mendaftarkan domain .co.id, Anda membutuhkan beberapa dokumen seperti SIUP, NPWP dan KTP.

4. Melakukan Riset Legal Trademark

Setelah menemukan nama yang bagus dan ekstensi domain yang tepat, sebaiknya melakukan riset di website penyedia database merek dagang. Sebab, ini berhubungan erat dengan hukum dan bisa merugikan apabila salah langkah.

Baca Juga  5 Aplikasi Mengedit Video Jedag Jedug di Hp Android Gratis 2021

Pastikan nama domain website Anda belum didaftarkan oleh siapapun, sehingga bisa dimiliki secara sah dimata hukum. Beberapa website yang bisa dimanfaatkan untuk riset seperti Dirjen Kekayaan Intelektual, WIPO Indonesia dan E-Status HAKI.

Jika ternyata ide nama domain Anda masih belum dimiliki oleh siapapun, segera daftarkan di penyedia hosting langganan.

Itu tadi adalah beberapa cara memilih nama domain untuk toko online yang bagus dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *