Rekam-dengan-HP-Lain

Langkah Mudah Merekam Percakapan Telepon di Android

Kapan Anda merasakan momen berbicara di telepon? Mungkin karena percakapannya kuat (seperti pekerjaan), atau mungkin percakapan serius yang harus Anda buktikan suatu hari nanti. Lalu berikut ini cara merekam percakapan telepon di Android yang perlu Anda pelajari.

Jika Anda sudah memikirkan caranya, Anda tidak sendiri. Mengingat fakta bahwa ada banyak orang yang memiliki pertanyaan serupa. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda coba, mulai dari fitur bawaan Android hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara merekam percakapan telepon di Android

Berikut adalah tiga opsi termudah yang banyak digunakan.

1. Gunakan fitur bawaan Android

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua jenis Android, terutama yang lebih lama.

Jadi, percakapan yang hanya bisa direkam adalah percakapan menggunakan telepon biasa atau pulsa. Caranya sendiri sangat mudah, khususnya melalui dua langkah berikut.

  • Pertama Anda harus bisa mengangkat telepon, ya, bahkan pada detik pertama.
  • Di layar ponsel, tab bertuliskan “Lainnya”, lalu pilih “Rekam”. Rekaman ini akan berakhir secara otomatis ketika telepon dimatikan Rekaman juga akan disimpan secara otomatis di bagian Perekam di salah satu menu bawaan Android Anda.

2. Pasang Aplikasi Tambahan

Status fungsi perekam default dapat bervariasi dari satu Android ke Android lainnya. Untuk beberapa merek Android , fitur ini mungkin berfungsi, tetapi ketika Anda memutar rekaman untuk mendengarkan kembali, ternyata hanya diam, yang berarti suara percakapan tidak direkam.

Baca Juga  Cara Ganti Kartu Chip ATM Mandiri Lama Tanpa ke Bank

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga di Google Play Store. Ada banyak contoh perekaman aplikasi semacam itu – “gratis” atau “berbayar”. Jika Anda belum menemukan atau tidak tahu nama aplikasinya sama sekali, Anda dapat mencoba salah satu daftar berikut:

Rev Audio Recorder (Rev.com Inc.)

Rev Voice Recorder adalah aplikasi perekaman telepon gratis yang mudah digunakan tanpa iklan yang mengganggu. Menggunakan aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyalin rekaman telepon.

Namun ada biaya tambahan sekitar $1,25 per menit. Opsi ini adalah pilihan yang baik jika Anda tidak punya waktu untuk mendengarkan seluruh rekaman percakapan lagi tetapi masih ingin mendapatkan kutipan lisan untuk studi kasus, artikel, atau riset pasar.

Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat mengunduh aplikasi langsung dari sini. Setelah diunduh, proses perekaman sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol “Rekam”, ketika percakapan dimulai,: aplikasi akan mendeteksi panggilan saat ini.

Hanya untuk panggilan keluar Anda memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan langsung dari aplikasi atau mengakses kontak, seperti biasa, untuk melakukan panggilan.

Ketika panggilan selesai, rekaman akan disimpan secara otomatis di aplikasi, yang kemudian dapat Anda unduh, dengarkan langsung dari aplikasi, atau kirimkan ke orang lain melalui aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, email.

Automatic Call Recorder (Quantum4u)

Aplikasi ini dapat merekam semua panggilan keluar masuk melalui telepon biasa (berbayar), sama seperti saat Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga (Whatsapp atau lainnya) dengan rekaman yang jelas dan stabil.

Rekaman akan disimpan di penyimpanan Android sebagai file .amr. yang kemudian dapat Anda edit kirim ke orang lain.

Baca Juga  Tips Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini gratis, tidak ada batasan waktu untuk merekam, jadi meskipun percakapan Anda berlangsung hingga 5 jam, aplikasi akan terus merekamnya.

Anda hanya perlu memastikan bahwa Android Anda masih memiliki ruang penyimpanan yang cukup sehingga rekaman dapat disimpan sepenuhnya atau tidak dipotong nanti. Cara merekam percakapan telepon di Android menggunakan aplikasi ini sangat mudah, khususnya sebagai berikut:

  • Download aplikasinya dari sini buka aplikasinya, lalu langsung masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Tentukan di mana penyimpanan Anda – di memori perangkat, microSD, cloud Google Drive, atau lainnya.
  • Selanjutnya, masukkan satu atau beberapa kontak yang paling sering Anda hubungi atau yang percakapannya dengan orang tersebut perlu direkam. Cara menambahkan kontak adalah dengan memasukkan nomor telepon yang ditentukan di kotak “Masukkan nomor ponsel di sini”.
  • Anda sekarang dapat bereksperimen dengan memanggil salah satu kontak yang dimasukkan sebelumnya, ketika percakapan dimulai, aplikasi akan direkam secara otomatis tanpa perlu menekan tombol.

Cube Call Recorder

Contoh bagus lainnya dari sebuah aplikasi adalah Cube Call Recorder, yang tidak hanya dapat merekam percakapan melalui telepon, tetapi juga panggilan yang Anda lakukan melalui Telegram, Whatsapp, Facebook, atau aplikasi lain.

Menurut beberapa ulasan, aplikasi ini memiliki kualitas rekaman yang baik, sehingga Anda dapat mendengarkan rekaman lagi tanpa masalah.

Anda dapat memilih untuk merekam setiap panggilan secara otomatis, membuat daftar kontak yang selalu ingin Anda rekam secara otomatis, atau bahkan membuat daftar kontak yang dikecualikan yang tidak ingin Anda rekam secara otomatis.

Anda juga dapat merekam panggilan secara manual dengan menekan tombol “Rekam” di aplikasi selama panggilan untuk merekam percakapan hanya dengan kontak tertentu atau bagian dari percakapan.

Baca Juga  Cara Mudah Download Video Tiktok Menjadi Mp3

Aplikasi ini memiliki desain sederhana yang sangat nyaman bagi pengguna sehingga pemula pun dapat menggunakannya dengan mudah.

Kamu bisa explore sendiri menu apa saja terdapat fitur didalamnya kamu bisa langsung cek apakah aplikasi ini benar-benar berfungsi seperti yang diklaim developer dengan mendownloadnya dari sini.

3. Rekam dengan ponsel lain

Jika Android Anda tidak dilengkapi dengan fungsi perekaman bawaan, atau fungsi tersebut mungkin tidak berfungsi dengan sempurna, tetapi Anda juga tidak ingin menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menggunakan metode klasik, yaitu merekam secara berbeda. ponsel, apa yang berikut ini?

  • Pertama, siapkan Android Anda atau ponsel lain yang dapat digunakan untuk merekam.
  • Kemudian, ketika ada panggilan masuk atau ketika Anda menelepon seseorang, ketika percakapan dimulai, segera tekan tombol “Berbicara” di layar untuk membuat suara orang di telepon terdengar lebih keras.
  • Kemudian gunakan ponsel lain untuk mulai merekam, dan jika sudah selesai, kirim rekaman dari ponsel ini ke Android yang Anda gunakan untuk menelepon sebelumnya.

Meski sangat sederhana dibandingkan dengan dua versi sebelumnya, cara ini menjadi pilihan terakhir yang banyak dipilih orang karena hasil rekaman biasanya tidak bagus. Suaranya sering pecah-pecah tidak stabil, sehingga terkadang muncul kata atau kalimat yang tidak bisa dipahami.

Ada sejumlah alasan mengapa orang terkadang ingin merekam percakapan telepon. Apa pun alasannya, sekarang setelah Anda mengetahui cara merekam percakapan telepon di Android Anda dapat mulai menggunakannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *