Cara-Mempercepat-Kinerja-Laptop

5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer OS Windows 11

Jika kamu menggunakan komputer Windows untuk bermain game terutama PC atau sekedar laptop biasa, jangan khawatir, platform PC terutama Windows punya banyak kecocokan dengan game-game keren yang bisa dengan mudah kamu mainkan. Permasalahan utamanya tentu adalah di kemampuan PC atau laptop itu sendiri, apakah mumpuni untuk main game. Terkadang memang butuh spesifikasi khusus untuk memainkan game tertentu.

Namun untuk sekedar memainkan game kecil, laptop masa kuliah pun bisa dioptimasi untuk bisa lebih kencang untuk main game. Nah berikut adalah deretan cara optimasi PC Windows untuk gaming agar performa lebih kenceng.

  1. Cek tipe processor ataupun GPU yang dipakai.

Satu hal yang paling penting untuk tahu apakah PC laptopmu cocok digunakan untuk main game adalah tahu tipe processor ataupun kartu grafis apa yang digunakan. Ini penting karena processor adalah otak yang menentukan kinerja game serta kartu grafis akan berpengaruh ke tampilan di layar.

Baca Juga  5 Filter Instagram Yang Bagus Untuk Selfie di Android 2021

Untuk pengalaman game terbaik, gunakan prosesor baik Intel ataupun AMD yang merupakan keluaran terbaru, dan juga jangan lupa untuk digabungkan dengan GPU Nvidia ataupun AMD. Kalau masih menggunakan GPU Intel biasanya game tidak akan kuat atau biasa terjadi missing.

  1. Gunakan kabel daripada WiFi

Saat kamu bermain game terdapat konsep yang disebut ping yang merupakan latency. Ini adalah waktu yang dibutuhkan data untuk dikirim dari PC ke server internet, lalu kembali ke PC. Semakin rendah latency makin baik. Salah satu cara untuk memastikan latency jadi serendah mungkin adalah dengan memasang kabel ethernet atau LAN ke PC. Ini dikarenakan WiFi memiliki latency yang lebih tinggi dan membuat game online jadi kurang optimal.

  1. Nyalakan power option

Jika kamu menggunakan laptop, pastikan untuk menggunakan mode power atau performance mode. Hal ini akan membuat tampilan layar berada di titik paling cerah, tak terganggu dengan kondisi baterai dan performa PC akan ditingkatkan sesuai dengan spesifikasi yang ada. Namun jangan lupa untuk juga menghubungkan charger kamu agar tetap terkoneksi disaat laptop sedang beroperasi

  1. Tutup program yang tak dibutuhkan

Sebelum main game, pastikan tidak ada program lain yang berjalan sehingga kinerja PC kamu tetap fokus dan tidak berbagi dengan aplikasi lain. Hal ini bisa dipastikan dengan lebih detil dengan cara menekan control+alt+Del lalu pilih Task Manager, lalu klik kanan di program yang tak dibutuhkan untuk dilakukan end task.

  1. Setting rata kiri pada game yang dimainkan

PC Windows biasanya menggunakan konfigurasi secara langsung pengaturan grafis terbaik dan teroptimal sesuai game yang dimainkan. Namun kamu juga bisa meningkatkan kinerja dari PC dengan mengorbankan sedikit kualitas grafis pada game. Hal ini bisa kamu ubah di in-game melalui setting grafik. Tinggal sesuaikan aja dengan spesifikasi PC kamu.

Baca Juga  Begini Cara Tarik dan Setor Tunai di ATM BCA

Itulah beberapa langkah atau tips dalam mengoptimalisasi performa PC ataupun laptop ketika bermain game. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *