Acara Adat Larung Sesaji Di Telaga Sarangan

Acara Adat Larung Sesaji Di Telaga Sarangan
Acara Adat Larung Sesaji Di Telaga Sarangan.
Tradisi tahunan larung tumpeng atau larung sesaji di telaga sarangan magetan jawa timur merupakan tradisi yang turun menurun di adakan sejak jaman dahulu. Tradisi budaya tahunan ini di laksanakan pada hari jum'at pon bulan ruwah atau menurut perhitungan jawa di tiap tahunnya. Untuk tahun 2013 ini hari tersebut jatuh pada tanggal 28 juni sebelum datangnya bulan puasa ramadhan. Seperti tahun tahun yang lalu acara adat ini di lakukan oleh warga sarangan, magetan. Menurut informasi acara puncak jatuh pada tanggal 30 juni 2013 yaitu dengan dilaksanakannya arak-arakan Tumpeng Gono Bahu. Tumpeng Gono Bahu atau disebut tumpeng raksasa ialah tumpeng dengan ketinggian 2,5 meter yang mampu menghabiskan beras sebanyak kurang lebih 50 Kg.

Tentu acara ini sudah di persiapkan dengan baik dan khusus oleh pemerintah setempat dan Kabupaten Magetan agar bisa menambah daya tarik bagi wisatawan. Ditahun yang lalu ribuan wisatawan domestik dan asing membanjri obyek wisata andalan kabupaten magetan ini. Masih banyak acara yang di gelar nantinya, seperti tarian barongsai, reog dan masih banyak hiburan lainnya yang di suguhkan di acara adat warga sarangan, magetan ini. Berikut cuplikan video Tradisi Larung Tumpeng di Telaga Sarangan di tahun yang lalu yang di unggah oleh www.disparbudpora-magetan.com. Untuk tahun ini pastinya akan lebih menarik lagi.

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
4 Comments

4 Responses to "Acara Adat Larung Sesaji Di Telaga Sarangan"

  1. Tepat 1 tahun yang lalu di bulan Juni saya pleserin ke telaga Sarangan.
    Cukup ramai juga, cocok untuk liburan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, dan saya mewakili warga sarangan dan magetan mohon maaf jika ada hal yang tak berkenan saat anda mengunjungi telaga sarangan magetan.

      Hapus
  2. keren kang adatnya ,, patut dipertahankan kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong, tak cuma di pertahankan tapi di tingkatkan.

      Hapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers