Mobil Kepresidenan Soekarno Hatta


Mobil kepresidenan adalah mobil yang digunakan oleh presiden atau pemimpin di suatu negara. Setiap pemimpin negara pada umumnya memiliki kendaraan dinas yang digunakan untuk keperluannya, baik untuk kegiatan resmi, penyambutan tamu negara atau kegiatan-kegiatan lainnya. Kendaraan yang biasanya digunakan adalah tipe Mercedes Benz yang sudah dilengkapi standar teknis tambahan yang dibutuhkan seperti kaca anti peluru, sistem komunikasi dan lain-lain. Dalam perjalanannya, mobil-mobil tersebut juga memiliki nilai tersendiri dalam sejarah di masing-masing negara. Seperti mobil Limousine bak terbuka yang ditumpangi John F. Kennedy yang menewaskannya ditembak Le Harvey Oswald . Sedang di negara kita sendiri yaitu Indonesia juga mempunyai kisah tersendiri, mobil bernilai sejarah di Indonesia saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Diantaranya adalah Mobil Buick-8 dan DeSoto sebagai kendaraan dinas pertama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta.
ruangan kaca yang berisi buick 8, De Soto, dan mobil peristiwa cikini
ruangan kaca yang berisi buick 8, De Soto, dan mobil peristiwa cikini
Berikut jenis-jenis mobil yang pernah di pakai Presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno bersama wakilnya Mohammad Hatta.

Mobil Buick-8
Mobil Buick-8
Mobil Buick-8, buatan Buick adalah Mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan pada masa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Digunakan sebagai kendaraan Dinas Presiden RI pertama Soekarno terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949. Kisah mobil ini menjadi mobil kepresidenan cukup menarik. Mobil ini ditemukan pada tahun 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) oleh Sudiro, ketua Barisan Banteng. Ia sendiri paham bahwa mobil Buick-8 itu tidak hanya sembarang mobil, konon mobil itu adalah mobil terbagus di Jakarta saat itu. Tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia tersebut lantas mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno, sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk dinasnya sebagai Presiden dengan nomor polisi Rep-1. Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial. Tipe Imperial 38 ini, bernomor polisi B 9105, yang juga digunakan presiden Soekarno, hadiah dari Raja Arab Saudi ini terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya, yang dipertahankan sebagai bukti sejarah, ketika Presiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dikenal sebagai Peristiwa Cikini.

DeSoto 1942
DeSoto 1942 mobil presiden soekarno-hatta
Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil persiden RI, Mohammad Hatta. Berbeda dengan mobil Buick-8 yang merupakan hasil temuan di jalan, mobil ini hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu dengan maksud untuk membantu memobilisasi perjuangan disamping menghindari perampasan dari pihak Pendudukan Jepang di Indonesia. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta. Mobil ini sempat berpindah tangan dan oleh pemiliknya digunakan sebagai angkutan umum (oplet). Namun kemudian dibeli kembali oleh Mohammad Hatta dan direstorasi kembali dengan bantuan pengusaha Hasyim Ning. Itulah sebabnya mobil yang bernomor polisi Rep-2 ini, yang sudah menggunakan transmisi otomatis kondisinya tidak sebaik Buick-8 Rep-1 itu. Pada mobil ini, seperti buick-8, terdapat sekat kaca yang memisahkan sopir dengan para penumpangnya. Berbeda dengan Buick-8 yang masih bisa digunakan, mobil DeSoto ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering sekali dilihat menggunakan Mercedes-Benz S600 keluaran 1994 yang dikelir baja anti peluru, yang sudah digunakan sejak tahun 1995 oleh Alm. Presiden Suharto. Dalam kondisi tertentu, seperti contoh ke luar kota atau banjir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering dilihat menggunakan mobil pribadinya, yaitu BMW X5 berarmor. Untuk saat-saat ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan mobil Mercedes- Benz S600L W221 warna hitam model tahun 2008, setelah sebelumnya menggunakan Mercedes-Benz S600L W140 warna hitam keluaran tahun 1994 yaitu kendaraan yang dipakai juga oleh Presiden Suharto. Sumber : Wikipedia
Untuk foto di bawah ini adalah mobil kepresidenan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat kunjungan kerja beliau di kota Magetan Jawa Timur di tahun 2012 yang lalu.
mobil kepresidenan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Mobil kepresidenan SBY saat di Kota Magetan Jatim

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
4 Comments

4 Responses to "Mobil Kepresidenan Soekarno Hatta"

  1. kog sama yang ada di surabaya kang , mobil soekarno

    BalasHapus
  2. siipp :)

    info ny keren mbag..

    happy blogwalking

    http://ilh4m-black4rt.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @cak oniMungkin jenisnya saja yang sama, informasinya kedua mobil yang pernah di pakai sebgai mobil kepresidenan soekarno sudah di taruh di museum.

    BalasHapus
  4. @muhammad ilhamOkey, sama sama mas. Thank's atas kunjungannya.

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers