Manfaat Dan Kandungan Zat Dalam Minuman Teh

Manfaat Positif Minuman Teh
Manfaat Positif Minuman Teh
Teh adalah salah satu jenis minuman yang tak asing lagi bagi kita, hampir setiap hari kita mengkomsumsinya. Namun kadang kita tidak tahu apa yang terkandung serta apa manfaat dari minuman teh tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang manfaat dari teh.

1. Teh Mengandung Anti Oksidan.

Seperti perusahaan yang menjaga furnitur dirumah Anda tidak berkarat, anti oksidan pada teh melindungi tubuh Anda dari penuaan dan polusi.

2. Teh mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi.

Kopi biasanya mengandung 2 sampai 3 kali lebih banyak kafein daripada teh.  1 cangkir kecil kopi mengandung kurang lebih 135 mg kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 -40 mg per cangkir. Jika mengkonsumsi kopi bisa membuat Anda bermasalah dalam kesehatan, seperti pencernaan tidak lancar, sakit kepala, atau tidak bisa tidur, maka gantilah dengan teh

3. Teh akan menurunkan resiko terkena sakit jantung dan stroke.

Pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol dapat menyebabkan sakit jantung dan stroke. Dengan minum teh dapat membantu membersihkan pembuluh darah Anda sehingga tidak ada yang tersumbat, hal ini sama dengan seperti kita selalu membersihkan pipa di kamar mandi kita.

Sebuah penelitian selama 5 -6 tahun dari Belanda menemukan bahwa orang  - orang yang minum teh 2 – 3 cangkir teh setiap hari memiliki resiko 70% lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan dengan yang tidak.

4. Teh bisa memperkuat tulang Anda.

Bukan karena susu yang ditambahkan pada teh yang membuat tulang Anda kuat. Sebuah penelitian yang membandingkan antara orang yang minum teh setiap hari dengan yang tidak membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi teh hingga 10 tahun atau lebih memiliki tulang yang lebih kuat, dan hal itu sudah mempertimbangkan masalah umur, berat badan, olahraga, merokok, dan berbagai faktor lain.Hal ini mungkin disebabkan karena senyawa kimia yang terdapat pada teh yang berupa phytochemicals.

5. Teh membuat Anda memiliki senyum yang manis.

Apakah Anda pernah melihat senyum nenek pada Austin Power? Mungkin Anda berpikir bahwa minum teh tidak bagus untuk kesehatan gigi Anda, namun pikirkan lagi. Sebenarnya yang menjadi masalah adalah kandungan gula yang ada pada teh tersebut, dan hal itu telah diteliti oleh pusat penyebab rusaknya gigi di Inggris. Tehnya sendiri mengandung fluorida dan tannin yang membantu membersihkan kuman pada gigi. Jadi, pertimbangkan untuk minum teh tanpa gula di hari – hari anda untuk membantu membersihkan gigi anda dan memperkuatnya sehingga gigi sehat dan kuat dan bisa tersenyum simpul.

6. Teh bisa memperkuat sistem imun.

Mengkonsumsi teh bisa membantu sistem imun ditubuh Anda kuat melawan berbagai infeksi. Ketika 21 relawan mengkonsumsi 5 cangkir teh setiap hari selama 4 minggu, peneliti menemukan bahwa sistem imun mereka lebih kuat daripada orang umumnya.

7. Teh bisa melindungi dari serangan kanker.

Terima kasih pada kandungan polyphenols yang terdapat pada teh. Anti oksidan yang satu ini, satu kali lagi sangat efektif untk melawan kanker. Walaupun penelitian untuk hal ini masih belum pasti, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa ada banyak sekali perlindungan yang bisa didapat dari minum teh setiap hari.

8. Teh membantu Anda tetap terhidrasi.

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, pada awalnya termasuk dalam minuman yang tidak berkontribusi dalam asupan cairan tubuh kita. Hal ini disebabkan karena kafein adalah salah satu diuretik yang membuat pencernaan kita terangsang sehingga kita sering buang air. Karena ini, maka disimpulkan bahwa teh tidak berkontribusi dalam asupan cairan di tubuh kita.
Namun ternyata, ketika penelitian lebih lanjut dilakukan, teh dan minuman kafein lainnya berkontribusi dalam asupan cairan tubuh kita. Satu  satunya masalah adalah ketika kita mengkonsumsi minuman berkafein lebih dari 5 -6 cangkir dalam sekali minum.

9. Teh itu bebas kalori.

Teh sama sekali tidak mengandung kalori, kecuali jika Anda menambahkan pemanis atau susu. Mengkonsumsi 250 kalori lebih sedikit setiap hari, dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih sekitar setengah kilo setiap minggu. Jika Anda sedang mencari minuman yang bebas kalori, maka teh bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

10. Teh dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Banyak sekali orang komplain tentang masalah lambatnya metabolisme tubuh dan tidak bisa menurunkan berat badan. Teh hijau telah dibuktikan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga Anda bisa membakar 70 sampai 80 kalori tambahan dengan hanya mengkonsumsi 5 cangkir teh hijau setiap hari. Sampai satu tahun, Anda bisa menurunkan 4 kg hanya dengan minum teh hijau. Tentu, jalan – jalan 15 menit setiap hari bisa Anda lakukan untuk membantu membakar kalori Anda. 

Nah itulah tadi 10 manfaat positif dari minuman Teh. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
16 Comments

16 Responses to "Manfaat Dan Kandungan Zat Dalam Minuman Teh"

  1. berarti saya mesti sering2 minum teh nih.. ^_^

    BalasHapus
  2. teh membuat hati damai kang :D

    BalasHapus
  3. nah, kalo kebanyakan minum teh gimana gan?
    tiba-tiba kepikran ane, soalnya ngabisin 3-4 gelas teh sehari ane, apalagi klo udah depan PC..
    googleing dulu ah...
    hehhee

    salam gan :D

    BalasHapus
  4. Teh memang minuman favorit manusia ... sya sring meminumnya di pagi hari sja sih ,,, klo kbnyakan ntar nggak baik ua

    BalasHapus
  5. Kalo manfaat mnum kopi apa kwan, bleh di share donk..

    BalasHapus
  6. mantap nh sobat...
    Terimakasih atas info kshatannya

    BalasHapus
  7. @Andy Borneo Jangan terlalu banyak mas, gak baik juga lo.

    BalasHapus
  8. @Reski Kuantan Jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh, minuman teh juga ada efek negatifnya loh.

    BalasHapus
  9. @Limit Komputer Bener sekali sobat, selain ada dampak positifnya juga ada sisi negatifnya.

    BalasHapus
  10. @Abdul Wahid Oke gan di postingan berikutnya insyaAllah akan saya share.

    BalasHapus
  11. Wecchh... Trnyata teh sangat bermanfaat ya mazz

    makasih mas informasinya

    BalasHapus
  12. Izin Nyimak Aja dehh yak minn,,...

    BalasHapus
  13. @Saiful Anasz Yup sobat, sambil minum teh hangat malah lebih mantab,, hehehe.

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers