Indahnya Wisata Puncak Gunung Lawu

Indahnya Wisata Puncak Gunung Lawu
Indahnya Wisata Puncak Gunung Lawu
Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang berada di perbatasan Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini telah lama tidak aktif. Di lereng Gunung Lawu terdapat punden kecil yang mengeluarkan uap air ( fumarol ) serta belerang ( solfatara ).Terdapat 3 puncak tertinggi di Gunung yang mempunyai pemandangan indah ini. Tiga puncak itu adalah Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah, dimana puncak tertinggi dari ketiganya adalah Hargo Dumilah.
puncak hargo dumilah gunung lawu
puncak hargo dumilah gunung lawu
Harga Dalem diyakini Masyarakat setempat sebagai tempat muksanya Prabu Brawijaya, Raja Majapahit yang terakhir. Harga Dumiling diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon dan Harga Dumilah merupakan tempat yang penuh misteri yang sering dipergunakan sebagai tempat pengolahan kemampuan olah bathin dan meditasiSejak Jaman Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit pada abad ke15 hingga Kerajaan Mataram II banyak upacara spiritual diselenggarakan di Gunung Lawu. Hingga saat ini pun Gunung Lawu masih mempunyai ikatan yang erat dengan Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta terutama pada bulan suro atau tahun baru islam, para kerabat keraton sering berjiarah ketempat - tempat keramat di Gunung Lawu.
Makam keramat di puncak lawu
Makam keramat di puncak lawu
Selain itu ada 3 obyek wisata yang populer di lereng gunung lawu ini, diantaranya adalah Cemoro sewu, Tawangmangu dan Telaga sarangan. Komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran: Astana Girilayu dan Astana Mangadeg terletak di kaki gunung ini. Di dekat komplek ini pula lokasi makam keluarga Presiden RI kedua yaitu Alm. Suharto di makamkan, dengan nama Astana Giribangun.

Mendaki Gunung Lawu hingga sampai kepuncaknya adalah hal yang menyenangkan, karena obyek wisata puncak ini mempunyai pemandangan yang indah dan eksotis. Untuk pemula yang ingin mengadakan pendakian, Gunung Lawulah alternatifnya, karena lokasi dan medan pendakian yang tidak begitu sulit untuk di tempuh. Saking banyaknya pendaki, di puncak Lawu pun anda akan menjumpai pedagang makanan atau warung mbok yem. Pemilik warung ini "mbok yem" 1 bulan sekali menyetok bekal dagangannya dengan turun gunung yang kemudian naik lagi dengan membawa beraneka bahan makanan untuk di jual di puncak lawu.
warung makanan di puncak gunung lawu
warung makan mbok yem di puncak gunung lawu
Berikut ini sedikit dokumentasi dari ekspedisi pendakian di Puncak Lawu bersama Mas Dwi.W alumnus IKIP Boedi Utomo Malang beserta Mas Eko dari IKIP PGRI Madiun.
Indahnya Wisata Puncak Gunung Lawu
pintu masuk pendakian puncak lawu
bunga edelweis di puncak lawu
bunga edelweis di puncak lawu
pendakian puncak lawu
pendakian puncak lawu
jalur pendakian puncak lawu
jalur pendakian puncak lawu
pemandangan yang indah di puncak lawu
pemandangan yang indah di puncak lawu
goa tempat istirahat di puncak lawu
goa tempat istirahat di puncak lawu
kopi hangat di puncak lawu
kopi hangat di puncak lawu


pemandangan yang indah di puncak lawu
pemandangan yang indah di puncak lawu
bebatuan es di puncak lawu
bebatuan es di puncak lawu
melihat matahari terbit dari puncak lawu
melihat matahari terbit dari puncak lawu
merah putih berkiibar di puncak gunung lawu
merah putih berkibar di puncak gunung lawu

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
19 Comments

19 Responses to "Indahnya Wisata Puncak Gunung Lawu"

  1. Indah Banget Yaa,,

    Sayangnya Saya Ngak Bisa Liburan Kesitu
    Eh, Blognya Udah Saya Follow
    Makasih Ya Udah Follow Blog " www.romantis-xp.web.id "

    BalasHapus
  2. @RIYAN PRATAMA Okey terimakasih mas atas kerjasamanya. happy blogging yah.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. wah bagus yah gan pemandangannya, jadi inget waktu gue pergi ke gunung sama temen2 waktu SMA...hmm

    BalasHapus
  6. hehehe.. jadi pengen bisa kepuncak.. pasti seru banget tuh.. :)

    BalasHapus
  7. @openid Di bawah aja manteb apalagi nyampek atas, pasti top.. hehehe. Terimakasih mas atas kunjungannya.

    BalasHapus
  8. @Ade SMA nya mana mas ade. Asyik ya mas, kalo waktu sekolah pasti banyak temennya dari saka bayangkara.

    BalasHapus
  9. @Andy Borneo Seru banget lo mas, apalagi pas di pagi hari melihat munculnya matahari.

    BalasHapus
  10. Mencintai alam itu bagian dari sunnah.
    Salam Lestari:)

    BalasHapus
  11. @smantos jaya Setuju kawan, dengan kita mencintai alam, maka alampun akan bersahabat dengan kita.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. belum pernah..............
    aalamatnya dilengkapin donk .

    BalasHapus
  14. maaf telat om hehehe.. met siang mas kmi ksini mau nganterin gelas yang kemarin mas gelas kopi hehehehe,,.,., met rahat mas
    trmksih infonya

    BalasHapus
  15. @Brebes VS LamonganWah mantaff mas brow, yukk sekalian ngopi bareng.. :)

    BalasHapus
  16. @LIFE IS BEAUTIFULSalah satu obyek wisata di kabupaten magetan adalah puncak gunung lawu. Makasih atas kunjungannya sobat.

    BalasHapus
  17. bener benar menarik dan mempesona

    seumur hidup saya belum pernah ke puncak

    hufff

    BalasHapus
  18. @Em Albar Datang aja ke magetan mas, puncak ini cocok untuk pemula dan saat ramai di bulan suro atau tahun baru islam.

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers