Tradisi Di Magetan pada 1 Suro,Andum Bolu Rahayu


Tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Di Kabupaten Magetan Jawa Timur ini setiap tahunnya pasti ada banyak acara/tradisi yang di selenggarakan. Salah satunya adalah tradisi Festival Ledhuk Suro dan Kirab Nayogo Projo serta tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu, yang diadakan untuk menyambut tahun baru Muharram atau tahun baru Islam. Kali ini saya akan memposting tentang tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu, postingan ini di kontribusikan oleh sahabat saya yang juga salah satu dari blogger Magetan/lawu yaitu mas Bian-biun ( http://www.bianbiun.com ). Berikut ini ulasan dan dokumentasinya.
Bermacam-macam tradisi yang ada di pulau jawa ini pada saat menjelang malam 1 suro, di solo, jogja dan kota-kota lainnya, tak terkecuali magetan. Andum Berkah Bolu Rahayu, ya sebuah tradisi yang ada di Kabupaten Magetan. Tradisi yang dilakukan setiap tahun pada saat menjelang tahun baru Islam.
Kirab Nayoko Projo dan Pawai Andum Berkah Bolu Rahayu ini merupakan puncak dari serangkaian acara yang digelar mulai dari festival ledhug yang sudah diselenggarakan selam kurang lebih 4 hari di alun-alun magetan. Acara andum berkah bolu rahayu ini dimulai kira-kira pukul 02.00 sampai 04.00. Alun-alun kota magetan dipenuhi oleh masyarakat magetan yang ingin melihat langsung acara ini dan juga ikut berebut bolu rahayu ini.

Perlu diketahui bahwa roti bolu ini merupakan salah satu makanan khas dari Magetan. Dan di tradisi andum berkah bolu rahayu ini, setelah prosesi selesai maka roti bolu ini akan diserbu oleh masyarakat yang datang mengikuti acara ini. Mereka rela untuk berdesak-desakan untuk mendapatkan roti bolu ini, anak kecil, orang tua, remaja, tua maupun muda semua ikut memperebutkan bolu rahayu ini.  Dan sayapun juga salah satu orang yang berada di tengah-tengah kerumuman masyarakat magetan yang ingin mendapatkan bolu rahayu ini (tapi saya ga ikut rebutan bro, saya asyik mengambil gambar saja hehehe). Dan berikut dokumentasinya, bagi anda warga magetan yang tidak sempat melihat acara ini silahkan lihat foto dibawah ini :-)
Tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi bulan suro Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi bulan suro Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi bulan suro Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi bulan suro Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan
Tradisi bulan suro Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan

Dokumentasi Tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu Magetan.Semoga bisa mengobati kerinduan bagi warga magetan yang sedang merantau  ya :-)
SUMBER

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
8 Comments

8 Responses to "Tradisi Di Magetan pada 1 Suro,Andum Bolu Rahayu"

  1. Waaahhh Tradisi Indonesia memang sangat lah beragam dan merupakan kekayaan budaya di Indonesia, salah satu ini dia tradisi Andum Bolu Rahayu...!

    BalasHapus
  2. tradisi yang kaya akan makna ya sob, trims infonya

    BalasHapus
  3. keren adat banget ni. jawa.

    BalasHapus
  4. @Sudirman Abdullah Dekman:benar mas, semoga tradisi2 tersebut bisa terjaga dan tidak punah. terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  5. Sungguh kaya akan budaya negeri ini ya mas...tiap daerah berbeda2 ...namun tetep sama...tujuan nya :)

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers