Obyek Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi

Kabupaten Ngawi adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Ngawi. Kota kabupaten ini terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah), dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen (Jawa Tengah) di barat. Bagian utara merupakan perbukitan, bagian dari Pegunungan Kendeng. Bagian barat daya adalah kawasan pegunungan, bagian dari sistem Gunung Lawu.
http://magetan-indah.blogspot.com
Salah satu obyek wisata Kabupaten Ngawi adalah Kebun Teh Jamus.Kebun teh ini di kelola oleh PT Candi Loka menawarkan eksotika tersendiri bagi para wisatawan. Bernuansa tropis, hijau, sunyi, damai indah dan sejuk merupakan gambaran dari suasana perkebunan teh Jamus yang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara, atau tepatnya di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 Km kearah Barat daya kota Ngawi.
http://magetan-indah.blogspot.com
PT Candi Loka adalah yang memproduksi teh dan air mineral Jamus. Disamping pabrik teh terdapat pula sumber Lanang, goa Jepang, bumi perkemahan, Kolam renang anak dan Borobudur Hill.
http://magetan-indah.blogspot.com
Borobudur Hill yaitu bukit setinggi 35,4 meter yang terlihat seperti lahan teh biasa, namun jika dipandang dari kejauhan nampak sebuah bukit mirip berbentuk candi borobudur.Selain itu ada air terjun Grojogan Songo Tuk Pakel,Ada pula makam tua pendiri Kebun Teh Jamus yaitu Van Der Rappart (1826-1910) asal Belanda. Kawasan wisata di sini sengaja tidak membangun hotel karena warga dan pengelola mempunyai konsep wisata alam yang asri. Itulah keunggulannya dibanding tempat wisata lainnya,” kata Dirut PT Candi Loka Jamus, Ir Purwanto. Meski tidak tersedia hotel, menurut Purwanto wisatawan masih bisa menginap dengan menyewa rumah penduduk di sekitar kebun. Ketinggian kebun teh ini sekitar 800 meter di atas permukaan laut.Bekunjung ke kebun teh Jamus, memang tidak begitu sulit.
http://magetan-indah.blogspot.com
Lokasi ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, pengunjung akan tiba dikawasan lereng gunung di Kecamatan Ngrambe. Ketika cuaca cerah, puncak Gunung Lawu terasa kelihatan di depan mata. Namun, pada musim penghujan, jangan berharap bisa melihat pemandangan seperti itu karena selalu diliputi kabut tebal. Setelah tiba di Ngrambe, lanjutkan perjalanan ke Desa Giri Kerto, sebuah desa wilayah Kecamatan Sine yang berbatasan dengan Kecamatan Ngrambe.
http://magetan-indah.blogspot.com
Perjalanan dari kota Ngrambe ke kebun teh Jamus ditempuh kira-kira tujuh kilometer. Dari kota kecil itu, hanya sesekali ada angkutan perdesaan. Namun pengunjung bisa menggunakan ojek dengan tarif Rp10 ribu. Ketika pengunjung sampai di desa Giri Kerto perlu berhati-hati karena kondisi jalan mulai terjal dan berkelok-kelok. Namun, di balik tantangan itu, pengunjung akan mendapat pemandangan yang masih alami dan indah.

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
10 Comments

10 Responses to "Obyek Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi"

  1. pasti sejuk banget udaranya sob....

    BalasHapus
  2. maaf baru komen kang,disibukkan kegiatan nyata yang sibuk

    BalasHapus
  3. @son billy:Selain sejuk pemandangannya juga indah dan alami sobat.

    BalasHapus
  4. @cak oni:suwun cak atas support dan kunjungannya. salam sejahtera buat keluarga.

    BalasHapus
  5. aku belom pernah ke jamus. wahh kuper sekali aku ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-kali ke sana dong mas. Oh ya pean gak gabung ke komunitas blogger magetan..?, aku tunggu lo mas.

      Hapus
  6. apik mas ... aku cah nglegok girikerto jamus... salam jamus

    BalasHapus
  7. piye kabare jamus saiki suwe ra muleh aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabare apik mas joko, masih seperti yang dulu.

      Hapus
  8. Cak. Kasih alamat lengkapnya dong.nuwun

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers