NEWS

WEB INI DI JUAL.. BAGI YANG BERMINAT UNTUK MEMBELINYA BISA MENGHUBUNGI ADMIN DI NMR HP: 081556624433. TERIMA KASIH.

REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA

REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA
REOG PONOROGO adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah ponorogo, jawa timur Indonesia...bukan malaysia.Keberadaannya sering muncul dalam acara hari keagamaan dan hajatan atau acara acara tertentu.Ponorogo identik dengan reog,jika anda berkunjung ke kot Ponorogo maka akan terlihat bangunan atau patung reog di setiap pertigaan dan pekarangan warga.Kesenian Reog sudah mendarah daging di jiwa warga Ponorogo,karena Reog berasal dari Ponorogo.Jadi kalau ada negara yg mengklaim Kesenian Reog adalah dari daerah mereka itu adalah salah.
REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA

REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA

Ada lima versi cerita populer yang berkembang di masyarakat tentang asal-usul Reog dan Warok ,namun salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu, seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi, Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu murka akan pengaruh kuat dari pihak istri raja Majapahit yang berasal dari Cina, selain itu juga murka kepada rajanya dalam pemerintahan yang korup, ia pun melihat bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Ia lalu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan di mana ia mengajar seni bela diri kepada anak-anak muda, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan dengan harapan bahwa anak-anak muda ini akan menjadi bibit dari kebangkitan kerajaan Majapahit kembali. Sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan maka pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada Raja Kertabhumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.
REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA
Perkembangan reog saat inipun juga mengalami kemajuan terutama dalam tatanan musik maupun tariannya.Contohnya kenong dulu hanya dipakai satu saja tapi sekarang memakai dua kenong,iringan gamelannya pun berkembang dan gaya reog dinamakan sebagai gaya potrojayan.
Warok ponorogo tidak bisa lepas dari reog ponorogo karena yang membuat reog ponorogo dahulunya adalah warok.Warok adalah berasal dari kata "wewarah".atau "pitutur". kalau dimaknakan dalam bahasa indonesia yang kurang lebih berarti nasehat. Jadi semacam orang tua (banyak ilmu pengetahuan) yang selalu bernasehat baik tentang kehidupan. Atau boleh juga di bilang orang yang mempunyai tekat untuk mewujutkan kebaikan itu sendiri.Sumber tersebut dalam bahasa jawa menjelaskan ciri ciri dan fungsi warok seperti berikut " Warok kuwi wong kang wus purna saka sakabehing laku, lan wus menep ing rasa". Yang artinya kurang lebih sebagai berikut " yang disebut warok adalah orang yang sudah sempurna perilaku hidupnya, dan sudah mampu mengendalikan batin" 

REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA
Festival reog biasa nya selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara,dan pengunjung dari berbagai wilayah.Bagi orang ponorogo mungkin melihat reog biasa, tapi sebetulnya pada saat pertunjukan reog dimulai hampir 80% masyarakat ponorogo berduyun duyun ke alun alun untuk melihat acara tahunan yaitu Festival Reog yang pesertanya tidak hanya dari Ponorogo tapi dari berbagai wilayah di Indonesia.

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

Comments
17 Comments

17 Responses to "REOG PONOROGO BUDAYA INDONESIA"

  1. Seneng banget bacanya, terima kasih udah membuat postingan tentang ini, setuju dengan disave... :) harus dilestarikan biar gak diklaim tetangga, hehehe

    keep posting yaa :)

    BalasHapus
  2. @disavebetul sekali mas.. itu tugas kita sebagai warga negara yg baik dan tentunya pemerintah harus mendukung sepenuhnya.

    BalasHapus
  3. @Dee AwdeeTerima kasih mbak atas supportnya. semoga budaya dan wisata indnesia makin maju.

    BalasHapus
  4. budaya Indonesia yang cukup menghibur,
    walau ndak pernah menyaksikan atraksinya secara langsung namun nampaknya seru dan menghibur

    BalasHapus
  5. negeri kita memang kaya..ya sob... :)
    selain dari hasil alam nya...tentu dari budaya m keseniannya...
    Klw bukan kita yg menjaganya... Siapa lagi ?

    BalasHapus
  6. kere.. harus di jaga itu..biar gk di rebut/di ambil alih..

    BalasHapus
  7. kita hrs menjaga budaya milik kita. siapa lg kl bkn kita yg menjaga.

    BalasHapus
  8. @budi os 19Bener sekali sobat, yach semoga saja semua bisa terjaga dan terawat dg baik.

    BalasHapus
  9. @tova
    Betul sekali mas. terima kasih atas supportnya.

    BalasHapus
  10. @™LOMBOK@NET GISTING™terima kasih mas atas support dan kunjungannya.

    BalasHapus
  11. @Nakusansemoga saja pemerintah juga ikut menjaganya.

    BalasHapus
  12. @Fajar Kurniawan Januar Efendi:Bener sekali mas, apa lagi di musim kemarau kaya' gini.

    BalasHapus
  13. reog adalah pertunjukan yg sangat heboh,,,,,apalagi suara trompet'nya...bikin aq bergetar....
    memayu hayuning bawono....salam joos....

    BalasHapus
  14. @kang bokir Horas bang bokir, salam persaudaraan.

    BalasHapus
  15. Bener bang bang Wid..semoga saja kita semua bisa menjaga aset kebudayaan ini..ya kan bang..hahahyyy

    BalasHapus

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers