Museum Manusia Purba Trinil

Waktu di bangku SMP dulu kita  di beri pelajaran tentang sejarah Indonesia. Salah satu materinya adalah tentang penemuan fosil manusia purba Indonesia, yaitu Phitecanthropus Erectus di Trinil (Ngawi) dan Sangiran (Solo), Jawa Tengah.Di kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Museum Manusia Purba Trinil ngawi.
magetan-indah.blogspot.com

Museum Trinil adalah situs paleoantropologi di Indonesia yang sedikit lebih kecil dari situs Sangiran. Tempat ini terletak di Dukuh Pilang, Desa Kawon, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Trinil berjarak kurang lebih 11 km dari Ngawi ke arah Barat.Waktu perjalanan ke Trinil dapat ditempuh 5 menit dari terminal Ngawi menuju Sragen, atau 30 menit dari kota Sragen menuju Ngawi.
http://magetan-indah.blogspot.com

Pada tahun 1891 Eugène Dubois, yang adalah seorang ahli anatomi menemukan bekas manusia purba pertama di luar Eropa yaitu spesimen manusia Jawa. Pada 1893 Dubois menemukan fosil manusia purba Pithecanthropus erectus serta fosil hewan dan tumbuhan purba lain.
http://magetan-indah.blogspot.com

Museum Trinil berdiri dengan menempati area seluas kurang lebih tiga hektar, dimana koleksinya di antaranya fosil tengkorak Pithecantrophus erectus, fosil tulang rahang bawah macan purba (Felis tigris), fosil gading dan gigi geraham atas gajah purba (Stegodon trigonocephalus), dan fosil tanduk banteng purba (Bibos palaeosondaicus). Situs ini dibangun atas prakarsa dari Prof. Teuku Jacob ahli antropologi dari Universitas Gadjah Mada.
http://magetan-indah.blogspot.com


Fasilitas.
Sebagai salah satu tempat wisata cagar budaya maka Museum Trinil saat ini telah didukung beberapa fasilitas penunjang yang diperuntukkan bagi wisatawan.

Seperti ada lahan parkir yang luas, pendopo, kantor informasi, tempat istirahat bagi tamu yang ingin mengadakan penelitian beberapa hari, tempat makan, mushola, dan masih banyak fasilitas menarik lainnya.

BAGIKAN KE

Facebook Google+ Twitter Digg

Artikel Terkait

0 Response to "Museum Manusia Purba Trinil"

Poskan Komentar

1.Tinggalkan Komentar Sobat di Blog ini.
2.Kritik dan saran dari sobat kami terima dg senang hati.
3.Komentar Sobat adalah sebuah PENGHARGAAN dan SILATURAHMI buat blog ini.
--- TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES BUAT ANDA ---

SITE INFO

Google+ Followers